Minggu, 23 November 2014

Just Share (Pengalaman SNMPTN - FSRD ITB)

Hai...perkenalkan nama ane Yulia Karlina Hasim,lahiran tahun 1996 dan baru lulus SMA di tahun ini (2014). Sebelumnya ane sempet ikut SNMPTN, SBMPTN, dan UMBPTN.
Di sini ane bakalan cerita gimana perjuangannya ikutan SNMPTN buat masuk FSRD ITB. Mulai dari daftar SNMPTNnya, Siapin berbagai karya-karya seni untuk lampirannya, Daftar Borang untuk seni, Minta TTD Kepsek yang (katanya) sibuk,dan dag dig dug nunggu hasilnya :D hehe

1. Daftar SNMPTN

Nah mungkin di sini kesalahan terbesar ane,yaitu salah memilih jurusan dan kampusnya :D
Ane tinggal di Kab.Tangerang, dari SMA ane belum ada yang pernah masuk ke ITB dari jalur manapun,sehingga sulit untuk ane buat nembus benteng pertahanannya ITB yang super duper tebel. Selain itu ane juga berada di daerah yang berada di luar Jawa Barat,sehingga semakin sulit. Yah mungkin selain itu,memang belum jodoh kali yah masuk situ,atau kemampuan yang belum mempuni,dan juga takdir yang berkata lain :D haha.
Oya,buat bro dan sist yang bakalan ikutan ini,ane saranin buat pintar-pintar memilih deh yah (yah walaupun pengen banget sih masuk kampus dan jurusan idaman :D ) Pilihlah sesuai bakat.keahlian,dan juga cita-cita kalian. Eitss jangan lupa buat berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa :)
Satu hal lagi yang perlu di perhatikan adalah saat mengisi biodata pada SNMPTN, terutama pada nilai-nilai sekolahnya.Protes pada sekolah bila terjadi kesalahan ya bro/sist,karena akan sangat merugikan kalian jika kalian ternyata di terima di kampus idaman bro/sist.




Next...

2. Siapkan Karya-karya Seni Lampiran

Jika kalian memilih jurusan yang berhubungan dengan seni rupa nih gan/sist,kalian pasti di wajibkan untuk mengirimkan lampiran berupa foto/scan karya kalian.Ingat,karya kalian harus original bikinan kalian sendiri loh,yah kalo cuma mencontoh sih nggak apa-apa,asal jangan dibikinin sama orang lain yah :D

Ini ada beberapa hasil karya ane (real) yang biasa-biasa aja :D (Beberapa sempet jadi kandidat buat di lampirin)

Nah ini dia lukisan Bunga Lili ane gan/sist :D Maklum masih pemula 


Kalo yang ini, Lukisan melalui media kaca patri ,pake cat akrilik
Next...

Yang ini yang paling bikin frustasi gan/sist. Gimana nggak frustasi,bikinnya dari kulit telur yang di retak-retakin terus di tempelin,terus di amplas,di dempul,di amplas lagi,baru deh di cat.

Ini Lukisan di Tas gan/sist,bahasa lainnya sih Tas Lukis kali yah :D hehe. Ini ceritanya gambar kucing (karena ane suka kucing)


Nah yang ini namanya Kaos Lukis gan,hampir sama kayak tas lukis yang tadi,cuma pake media kaos.Sebenarnya ini ada yang versi cowoknya,tapi nggak ane upload :D



Batik tulis. Bikinnya butuh kesabaran ekstra. So,buat agan-agan dan sista hargai ya batik tulis ciri khas negara kita ini,soalnya bikinnya bisa bikin garuk-garuk kepala (kutuan kali ah) :D haha.


Yang ini bikin gambar realis gan/sist,gambarnya gambar bibir. Masih belajar,jadi masih belom realis banget :D hehe.Medianya pake kertas A3 + Pensil berbagai ukuran.


Gambar suasana pasar malam :D hehe imajinasi sendiri aja,nggak jelas sih suasananya :D Medianya dari kertas A3 + Spidol warna.


Ini gambar realis dari gelas,tapi masih aneh :D haha. Pake kertas A3 + Pensil berbagai ukuran


Yang ini ceritanya bikin bangun ruang gan/sist,kerucut sama bola. Ini juga sama medianya gan/sist,pake kertas A3 + Pensil berbagai ukuran yang bisa agan dan sista temui di toko buku.



Suasana Pasar terapung :D hehe.Ini salah satu karya wajib yang kudu harus di lampirin gan/sist :D


Ini nih hmm karya yang palin nge-jleb :D haha,bikin flashback :D Ini pas lagi masih belajar-belajarnya bikin realis :D jadi masih yah,pemula banget lah,mukanya juga nggak mirip.tapi di mirip-miripin aja ya :D (maklumin) hehe

Oke,..itu beberapa karya ane yang sempet jadi kandidat buat di lampirin buat SNMPTN :D Yah tebak aja yang mana yang ane lampirin gan :p haha

Oke,Next yah 

3. Bikin Borang 

 Borang ini berguna buat ngelampirin karya-karya agan dan sist.Bisa di dapet dari situs SNMPTNnya langsung kok :)


Sebelum karyanya di upload ke sini,jangan lupa di foto/scan dulu yah :D


4. Oya,hampir lupa :D Jangan lupa karya-karyanya di Sah kan dulu sama Kepsek yah gan.Minta TTD beliau yang sangat penting itu sebagai bukti kalo ini benar-benar real hasil karya kalian.

5. Kalo agan dan sista yang punya sertifikat Seni Rupa/yang lainnya,silahkan ikut di lampirkan di pendaftaran. Itu bisa membantu kalian loh.

6. Tinggal upload deh borangnya, kemudian ferivikasi.dan taraaa jadilah kartu peserta SNMPTN kalian :D haha. Selamat anda sudah terdaftar menjadi peserta SNMPTN :D

Di tahap ini,adalah tahap untuk banyak-banyak berdoa dan berserah diri gan/sist. Nunggu pengumuman hasil SNMPTNnya di terima apa nggak nih sama Universitas yang bersangkutan :D hehe.
Oya,banyak-banyak minta saran ke guru BK tentang ini jika kalian masih ragu yah,jangan sampe nyesel nanti :D dan konsul ke guru Seni Budaya kalian demi hasil yang maksimal.

Oke..Sekian ulasan pengalaman dari ane. Berhubung ini blog pertama ane,jadi mohon maklumin yah kalo banyak kata-kata yang nggak enak di baca :D hehe

See You..... :D
YKH

1 komentar: